ETAPORAMA

XPLORE

Traveling bersama EtaporamaXplore ke destinasi menarik di dunia dengan cara yang berbeda. Kami memiliki beberapa paket wisata yang hemat namun berkualitas. Mari bergabung bersama kami menjelajah dunia.

LADAKH FESTIVAL OVERLAND TOUR

Sangham Lookout (Pic by: Adri Sahfril)

Sangham Lookout (Pic by: Adri Sahfril)

Ladakh merupakan sebuah wilayah di bagian utara India yang terletak dalam pegunungan Himalaya barat yang berbatasan dengan Tibet di sebelah timur, Pakistan sebelah barat, Cina di sebelah timur dan Himachal Pradesh (India) di bagian utaranya. Ladak sering disebut dengan -  “Little Tibet”, “Surga Petualangan” hingga “Daratan Bulan” – adalah daerah yang sangat unik dengan budaya leluhur yang sangat kental. Sebuah destinasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan asing ini dipenuhi dengan pemandangan pegunungan Himalaya yang menakjubkan, danau alpine yang mengagumkan, kuil-kuil di ketinggian hingga orang yang sangat ramah menyambut tamu asing.

Ladakh sendiri terbagi dalam 2 distrik: Kargil dan Leh. Kargil terletak di bagian barat dengan mayoritas penduduknya muslim (terkecuali Zanskar) sementara Leh terletak di bagian timur dengan mayoritas penduduk Buddha. Ladakh merupakan sebuah kerajaan independen dulunya yang memerintah selama 900 tahun. Sampai saat ini, Leh masih lebih kental dengan kesan “Tibet” daripada Indianya sendiri.  Puluhan biara Buddha Tibet di temukan di Leh menjadikannya ibukota pada masa kerajaan dan sekarang merupakan pusat administrasi Ladakh.

THE Trip

Didorong oleh antusiasme dalam menghadirkan keindahan alam pegunungan Himalaya dan kearifan lokalnya, kami telah mengemas sebuah perjalanan singkat ke Ladakh yang relatif lebih mudah dibandingkan destinasi pegunungan Himalaya lainnya. Sebuah Tour bernama Ladakh Festival Overland Tour 2017 akan mengajak anda menjelajahi keindahan alam Ladakh beserta pusat kebudayaanya  yang memiliki daya tarik yang luar biasa. Dalam keseruan menjelajahi dataran tinggi ini anda akan ditemani supir yang handal di medannya dan seorang tour guide lokal yang terkenal ramah agar anda dapat lebih memaknai tempat yang dikunjungi. Tak hanya itu saja musim festival ini merupakan perhelatan tradisional terbesar di Ladakh dengan beragam aktifitas yang kita dapat nikmati selagi di Leh seperti: Tarian, Pawai pakaian tradisional, Drama pertunjukan hingga perlombaan olahraga tradisional semacam Polo dan Archery.

ITINERARY

Day 1 (Jakarta – Delhi)

Peserta berkumpul di bandara internasional Soekarno-Hatta untuk menuju New Delhi. Tiba di Delhi dan menginap semalam.

Day 2 (Delhi – Leh)

Pagi sekali menuju bandara Delhi untuk terbang menuju Leh. Tiba di Leh anda akan disambut oleh lokal guide dan diantar langsung menuju penginapan. Setelah check in, diusahakan beristirahat seharian untuk aklimatisasi (proses adaptasi di ketinggian) sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Di waktu senggang anda dapat menikmati seni pertujunjukan di Leh yang tersebar di dalam kota. Menginap di Leh. (L - D)

Day 3 (Leh Overland)

Bangun lebih awal untuk memulai perjalanan menuju “Hall of fame” museum perang yang popular. Perjalanan dilanjutkan menuju kuil “Sikh” atau dikenal dengan Pathar Sahib sebelum berhenti sejenak di Magnetic Hill dimana anda akan menyaksikan fenomena semacam gravitasi terbalik – tampak mobil akan jalan menanjak tanpa mesin dinyalakan-. Melanjutkan safari ini menuju Sangham Lookout yang terkenal akan pemandangan bertemunya sungai Indus dan Zanskar dalam warna yang menakjubkan melewati Basgo Village yang menyerupai postcard. Tiba di Biara Alchi (arsitektur Kashmir) dan makan siang dalam perjalanan pulang menuju Leh. Tiba di Leh anda diajak melakukan tour setengah hari dengan mengunjungi Kuil kuno Tse Mo, melihat pemandangan kota Leh dari atas bukit hingga Shanti Stupa yang dibangun oleh Jepang. Usai kegiatan anda dapat menikmati kegiatan Ladakh Festival. Menginap di Leh. (B - L - D)

Day 4 (Leh – Nubra Valley)

Setelah sarapan pagi perjalanan hari ini menuju Nubra Valley yang dikenal sebagai valley of flowers karena bunga liar yang tumbuh disekitarnya. Terletak di utara Ladakh (antara Karakoram dan pegunungan Himalaya Ladakh) anda akan melewati Khardong La Pass, yang merupakan jalanan tertinggi di dunia yang dapat dilewati oleh kendaraan umum (5,539m dpl).  Perjalanan ini merupakan perjalanan darat dengan pemandangan yang spektakuler. Setibanya di Nubra Valley, anda akan mengunjungi biara Diskit dimana anda akan menemui patung Buddha dengan ketinggian 30 meter lebih. Anda juga dapat menikmati pengalaman menaiki Unta khas Himalaya di padang pasir (optional extra charge). Bermalam di Nubra Valley. (B - L - D)

Day 5 (Nubra Valley – Pangong Lake)

Hari ini mungkin merupakan highlight dari perjalanan anda, dengan berkendara melewati pemandangan yang mencengangkan secara konstan yang mungkin akan menghipnotis anda menuju danau Pangong (yang juga merupakan tempat shooting Three Idiots). Penampakan dari warna danau ini dipercaya dapat berubah 5 kali dalam sehari tergantung dari mana sudut sinar matahari memancar. Bermalam di sekitar danau Pangong. (B - L - D) 

Day 6 (Pangong Lake – Leh)

Memulai pagi anda dengan fenomena matahari terbit di sekitar danau Pangong. Perjalanan dilanjutkan menuju Leh dengan berhenti di biara Thiksey yang dikenal sebagai “Little Lhasa” karena arsitekturnya yang menyerupai Potala Palace di Lhasa, Tibet. Usai dari sini melanjutkan perjalanan singkat menuju biara Shey sebagai tempat musim panas Raja pada masanya.  Kembali ke Leh dan menikmati hari sisa anda ditemani seni pertunjukan Ladakh Festival yang berlansung selama satu minggu. Bermalam di Leh. (B - L - D)

Day 7 (Leh – Delhi – Jakarta)

Setelah check out, anda akan diantar menuju bandara Leh untuk terbang ke Delhi. Tiba di Delhi penerbangan akan di lanjutkan menuju Jakarta pada malam hari. Sambil menunggu pesawat malam kegiatan akan diisi dengan Spa Massage dan berkunjung ke pasar kerjainan Dili Haat di Delhi. Bermalam di Pesawat. (B)

Day 8 (Jakarta)

Tiba di bandara internasional Soekarno – Hatta dan merupakan akhir dari perjalanan ini. 

*harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu

*Pictures for illustration

Servis Termasuk:

  1. Air Ticket International menggunakan Singapore Airlines atau setaraf & Penerbangan Domestic menggunakan Go Air atau Vistara.
  2. Pajak dan biaya pemerintah yang dibutuhkan.
  3. Permits, Wildlife & Red Cross fees dan dokumen domestik travel yang dibutuhkan.
  4. Standard Travel Insurance selama perjalanan.
  5.  Akomodasi yang tercantum dalam itinerary:
    • 4 malam di Hotel 3* (Leh/Singge Palace or simillar dan Delhi): Twin/Double room.
    • 2 malam Glamping (Lux Camp) (Nubra Valley/Valley Flower Camp & Panggong Lake/Martsemik Camp or simillar).
  6. Biaya masuk kuil / biara /daerah konservasi yang disebutkan dalam itinerary.
  7. Guide. Local Leh Guide mahir berbahasa Inggris dan tersertifikasi oleh badan tourism Ladakh.
  8. Makan. Full board (B/pagi, L/siang, D/malam)  kecuali yang tidak disebutkan dalam itinerary.
  9. 1 botol air minum/orang/hari
  10. Transportasi. Kendaraan jenis Tempo Traveler, bersih dan nyaman.
  11. Seluruh biaya masuk ke dalam Kuil & Biara yang disebutkan dalam itinerary.
  12.  Antar/Jemput bandara-hotel, Leh & Delhi.
  13. Tabung Oksigen Standby 2 ea (penggunaan dengan biaya tambahan).

Servis Tidak Termasuk

  1. Biaya pribadi seperti laundry, minuman ekstra, akses internet, fax, telepon, aktifitas optional (Camel ride atau Bike ride) etc
  2. Tips Untuk Driver & Local Guide.
  3. Visa India (akan kami bantu baik e-visa maupun manual visa)

Syarat & Ketentuan

  • Pendaftaran terakhir 06 Agustus 2017
  • Pembayaran dapat dilakukan dengan metode cicilan jika keberangkatan lebih dari 4 bulan sebelumnya.
    • DP 1: Rp. 8,500,000,- P-2: Rp. 6,500,000,- FP (2 bulan sebelum keberangkatan): Rp. Pelunasan (sebulan sebelum keberangkatan).
  • Kami menggunakan promo tiket penerbangan full board (Delhi & Ladakh) saat ini dengan voucher sebesar (Rp. 8,000,000,-). Jika pada saat pembelian tiket pesawat ternyata lebih dari itu, beban akan ditanggung peserta. 
  • Salah satu dari team Etaporama akan bertindak sebagai Tour Leader dalam kegiatan ini.
  • Etaporama tidak bertanggung jawab terhadap penolakan visa yang dilakukan oleh pihak kedutaan besar dan tidak ada pengembalian dana yang telah disetorkan.
  • Jumlah minimum peserta untuk Tour ini adalah 12 orang. Jika sampai tengat waktu yang kami tentukan quota peserta tidak terpenuhi, maka dana yang telah disetorkan akan dikembalikan 100% kepada peserta.
  • Apabila peserta membatalkan keikutsertaanya namun telah meyetorkan sebagian atau full, tidak ada pengembalian dana dari jumlah yang telah disetorkan.