ETAPORAMA

XPLORE

Traveling bersama EtaporamaXplore ke destinasi menarik di dunia dengan cara yang berbeda. Kami memiliki beberapa paket wisata yang hemat namun berkualitas. Mari bergabung bersama kami menjelajah dunia.

MONGOLIA TRIP: ALTAI SAYAN & EAGLE FESTIVAL

mongolia-etaporamaxplore-eagle-festival.jpg

THE TOUR

Altai Sayan EcoRegion telah diidentifikasi oleh WWF sebagai salah satu dari 200 wilayah Global di mana lebih dari 90 persen keanekaragaman hayati terkonsentrasi. Bagian utama dari EcoRegion ini dimiliki oleh Rusia dan Mongolia. Bagian kecil juga termasuk Cina dan Kazakhstan dan Pegunungan Altai yang membelahnya. Dataran tinggi Mongolia adalah stepa kering dengan gunung-gunung yang tertutup salju, sedangkan bagian barat dataran rendah di Rusia sebagian besar hutan, menjadi bagian dari selatan Siberia, dengan iklim mikronya sendiri. Bagian Rusia secara signifikan lebih lembab dan basah. Orang Kazakh, Rusia, dan Altai mendiami Republik Altai. Sisi Mongolia sebagian besar juga Kazakh, tetapi ada juga orang Tuvan, Mongol, dan banyak etnis minoritas lainnya. Orang-orang lokal di wilayah ini berbicara berbagai bahasa lokal, yang merupakan bagian dari kelompok bahasa Slavik, Mongol, Turki dan Altai.


Pada trip EtaporamaXplore kali ini, kami mengajak Anda untuk menjelajah ‘the real Mongolia’ bagian barat melalui Pegunungan Altai baik sisi Rusia maupun Mongolia yang memiliki pegunungan yang dramatis, danau indah yang masih alami, padang rumputnya yang tak membentang ke cakrawala tak terbatas hingga menemui suku nomaden asli yang menghuni pegunungan Altai. Pada perjalanan ini, kita akan melintasi medan yang mencengangkan di Rusia & Mongolia. Memiliki pengalaman menginap di berbagai jenis peninapan mulai dari Ger (Mongolian Camp), Wooden House dan juga hotel. Puncak acaranya adalah menyaksikan Eagle Festival tahunan di antara ratusan bahkan ribuan penonton lainnya, mengamati kekuatan fisik para peserta festival sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah perang Mongolia. Dengan didampingi oleh team lokal kami yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun, menjelajah Mongolia akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi luar biasa. Perjalanan akan dimulai dari Ulanbataar, ibu kota Mongolia, menuju pegunungan Altai dimana festival Eagle Hunter berada. Ikut bersama kami untuk menjelajahi taman nasional yang unik dan festival olahraga bersejarah — dengan berkendara, berjalan kaki, dan bahkan menunggang kuda atau unta.

*Land Tour Only

Itinerary

Day 1: BANGKOK – NOVOSIBIRSK

Penerbangan langsung dari Bangkok menuju Novosibirsk. Dijemput di bandara oleh guide dan transfer menuju hotel dan menginap Akomodasi: Hotel 4 stars. (D)

Day 02: NOVOSIBIRSK – GORNO ALTAISK – PATMOS

Menggunakan pesawat domestic, menuju Gorno Altaisk (1,5jam penerbangan), setibanya kita akan langsung berkendara menuju biara Patmos. Makan siang dan mengunjungi biara biara Patmos yang dengan lokasi yang spektakuler, terletak di sebuah pulau berbatu di kelilingi sungai yang dapat diakses oleh jembatan gantung. Di sini kita akan dijelaskan bagaimana para imam di sini mengubah orang Altai yang berbahasa Turki menjadi Kristen pada akhir abad ke-18. Setelahnya kita akan berkendara sekitar 220 km menuju dataran tinggi Mongolia, beberapa melewati gunung. Ini adalah perjalanan darat yang spektakuler di atas jalan aspal yang bagus. Kita akan melewati beberapa desa, seperti Inya dan Aktash, tempat orang Altai yang berbahasa Turki tinggal. Akomodasi: Traditional Ger di Camp Tourist. (B, L, D)

Day 03: KOSH AGACH - WEST MONGOLIA

Setelah sarapan, kita akan berkendara menuju Kosh Agach Plateau, dan dilanjutkan ke perbatasan Rusia - Monglia untuk proses imigrasi. Setelah imigrasi perjalanan dilanjutkan sekitar 2 jam menuju Olgii melalui gunung rumput yang indah di Mongolia. Akomodasi: Wooden House. (B, L, D)

Day 04: HURGAN - DANAU HOTON

Hari ini kita akan mengunjungi lembah Hargant dan gunung Tsengel Hairhan Uul (3,034m) kita akan menemui komunitas Tuvan yang berkepercayaan Buddhisme dan berbahasa Turkic. Selanjutnya dilanjutkan menuju Danau Hoton dan mendirikan kemah sementara untuk memancing ikan (Grayling Mongolia) dan menyantap makan siang, di sini kita juga akan menemukan banyak petroglif. Daerah ini berada di bawah Puncak gunung es Ikh Turgen Uul dan berada hanya 15 km dari perbatasan China. Akomodasi: Traditional Ger di Camp Tourist.(B, L, D)

Day 05: Tavan Bogd Massif, 2500m

Hari ini kita akan berkendara menuju Altai Tavan Bogd National Park melewati lembah TsagaanGo dan melewati area pegunungan Altai yang merupakan pegunungan tertinggi di Mongolia. Salah satu spot terkenal di Kawasan ini adalah Shiveet Hairhan/ Sacred Mountain, ukiran batu terbesar dari tahun 200 sebelum masehi. Melanjutkan berkendara menuju Tavan Bogd. Akomodasi: Wooden House. (B, L, D)

Day 06: Hiking & Explore Tavan Bogd, 2700m

Hari ini Anda akan diajak untuk trekking ringan menuju Tavan Bogd Peak dan Potanina Glacier, yang merupakan glacier terbesar dari 20 glaciers di Kawasan pegunungan Altai. Dari atas Anda dapat melihat pemandangan perbukitan bersalju yang luar biasa indah (optional activity: Horse trekking).

Selesai trekking, kita akan melanjutkan perjalanan menuju lokasi Eagle Hunter Festival melewati Ulaanhuis dengan latar belakang gunung Sogoog yang spektakuler. Di tengah perjalanan kita akan mampir ke rumah salah satu keluarga Eagle Hunter dimana Anda akan dapat kesempatan untuk belajar mengenai Teknik berburu dari para Eagle Hunter. Akomodasi: Wooden House. (B, L, D)

Day 07 - 08: Altai Eagle Hunter Festival

Acara Altai Eagle Hunter dimulai. Bagi pada penggemar fotografi dan petualangan, ini adalah event yang sangat bagus, menyaksikan 400 Eagle Hunters dari seluruh provinsi di Mongolia berkumpul dan melihat mereka menampilkan keahlian dalam berburu. Selama festival, Anda juga bisa melihat Traditional Horse Game dari suku Kazakh seperti Bushkushi, dan juga menyaksikan konser traditional Kazakh Music. Akomodasi: Eagle Dreams Hotel. (B, L, D)

Day 09 - 10 : Khukh Serkhiyn Nuruu Nat. Park

Hari ini kita akan berkendara 160 km (4-5 jam) untuk mengunjungi rumah musim panas pemburu Elang Kazakh tradisional. Erbol akan menjadi tuan rumah kita di lembah yang spektakuler di bawah Gunung Khukh Serkh. Ini adalah pegunungan yang terkenal dengan Macan Tutul Salju, dengan populasi Argali dan Ibex yang berlimpah. Kita juga akan menyaksikan proyek penelitian Snow Leopard yang sedang dilakukan di sini, memberi kita banyak wawasan tentang pergerakan dan kebiasaan kucing-kucing yang sulit ditangkap ini. Kita akan bertemu Erbol dan Elang Emasnya yang menakjubkan, dan belajar dari seorang guru sejati tentang tradisi dan keterampilan berburu dengan Elang di Altai. Didampingi oleh Ranger kita akan menghabiskan waktu dengan berjalan di sekitar hutan belantara Khukh Serkhiyn yang terpencil dan memperhatikan dengan cermat semua aspek satwa liar di sini: Argalis, Ibexes, dan Red Deer, atu mungkin penampakan Macan Tutul Salju yang langka. Kita akan menikmati apa saja yang dimiliki pegunungan ini, mulai dari: Golden Eagle, Steppe Eagle, Lammergeier (Bearded Vulture) pemakan tulang yang menakjubkan, Hering Hitam yang hebat, dan Saker Falcon (ras Altai dari yang dianggap oleh banyak ahli burung sebagai spesies yang terpisah). Kita akan memiliki kesempatan untuk mengamati wilayah ini dengan segala keagungannya, dan menghargai keheningan di jantung gunung Asia.

Hari terakhir, kita akan menuju Olgii, melalui pemandangan dramatis dengan Sairiyn Nuruu yang menjulang dan dataran tinggi Altai di luar Danau Tolbo (Nuur). Setelah 4-5 jam kita tiba di Olgii. Menginap di hotel lokal. Akomodasi: Local Hotel. (B, L, D)

Day 11: Border Crossing Russian Altai

Hari ini, kita akan melanjutkan perjalanan menuju perbatasan Rusia dan melewati desa kecil Tashanta. Proses imigrasi. Melanjutkan perjalanan menuju Ulagan dan melintasi beberapa jalan tertinggi. Tiba di Ulagan dan bermalam. Akomodasi: Wooden House. (B, L, D)

Day 12: GORNO ALTAISK - FLY TO NOVOSIBIRSK

Setelah sarapan pagi lebih awal, kita berkendara menuju GornoAltaisk, melintasi beberapa gunung, Sungai Katun dan Sungai Choy, Makan siang di GornoAltaisk dan mengunjungi Museum Nasional Anokhin, tempat mumi "putri Altai" yang terkenal disimpan. Mumi seorang wanita ditemukan oleh ekspedisi arkeolog Novosibirsk Natalia Polosmak pada tahun 1993 dalam kurgan era Skit di dataran tinggi Ukok di Altai, dekat perbatasan dengan Mongolia. Temuan ini telah berusia lebih dari 2.500 tahun, dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologis paling penting akhir-akhir ini. Altai asli menganggap mumi sebagai leluhur mereka dan memanggilnya "sang putri Altai". Transfer ke bandara setempat untuk penerbangan ke Novosibirsk. Akomodasi: Hotel bintang 4/setaraf. (B, L, D)

Day 13: Departure

Setelah sarapan pagi Anda akan diantar menuju airport untuk penerbangan kembali ke Bangkok dan penerbangan lanjutan ke Jakarta. (B)

*harga dan itin dapat berubah sewaktu-waktu

Paket Termasuk

  • Permits dan dokumen domestik travel yang dibutuhkan.

  • Penerbangan Return Novosibirsk - Gorno Altaisk.

  • 2 x airport transfer di Novosibirsk.

  • Full board meals.

  • Transportasi di luar Ulaan Bataar menggunakan kendaraan 4 x 4

  • Akomodasi (kamar mandi pribadi kecuali di Ger Camp) yang tercantum dalam itinerary: Hotel 4* di Novosibirsk (2N), Ger Camp (2N), Wooden House (2N), Eagle Dreams Hotel (3N).

  • Semua biaya masuk yang dijelaskan dalam itinerary.

  • Local Guide mahir berbahasa Inggris dan tersertifikasi oleh badan tourism Mongolia.

  • 2 botol air minum/hari/orang.

Peserta Bertanggung Jawab Untuk:

  • Tiket Pesawat PP Jakarta - Ulan Bataar - Jakarta (Harga normal 15jt-17jt PP). Kita akan bantu carikan tiket promo (jika ada).

  • Visa Russia & Mongolia. Travel Insurance selama perjalanan.

  • Makan & Minum yang tidak disebutkan dalam itinerary

  • Biaya pribadi seperti laundry, akses internet, fax, telepon, aktifitas optional, etc

  • Tips untuk Driver, Porter, Local Guide & TL.

Syarat & Ketentuan

  • Pembayaran dapat dilakukan dengan metode cicilan jika keberangkatan lebih dari 4 bulan sebelumnya. DP-1 : Rp. 10,000,000; DP-2: Rp 15,000,000 (2 bulan sebelum keberangkatan); FP (Sebulan sebelum keberangkatan): Rp. Pelunasan.

  • Perwakilan EtaporamaXplore akan bertindak sebagai Tour Leader dalam kegiatan ini.

  • Jumlah Minimum peserta untuk Tour ini adalah 10 orang. Jika sampai tengat waktu yang kami tentukan quota peserta tidak terpenuhi maka akan dimusyawarahkan untuk penyesuaian harga baru.

  • Apabila peserta membatalkan keikutsertaanya namun telah menyetorkan sebagian atau full tidak ada pengembalian dana dari jumlah yang telah disetorkan.

  • Tidak ada pengembalian dana terhadap fasilitas/service yang tidak digunakan.