ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

5 Kedai Kopi Terbaik di Tangerang Selatan

DSC_0266.jpg

Budaya kopi sedang berkembang pesat di seantero Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Tidak ketinggalan masing masing kota memiliki kedai kopi unggulannya ketika ibukota Jakarta sudah jenuh akan persaingannya. Contohnya di Tangerang selatan yang letaknya tidak begitu jauh dari pusat ibukota, tiap beberapa bulan ada saja kedai kopi baru bermuculan. Namun apakah semua sesuai dengan kriteria bagi penikmat kopi sebenarnya?

Kedai kopi ini sebenarnya agak bebeda daripada kafe pada umumnya. Terlihat dari menu dan fasilitas yang disediakan. Untuk kedai kopi menu terlihat sangat simple hanya jual kopi dan snack/dessert yang terbatas jika di kafe pasti banyak menu lainnya mulai minuman yang lebih beraneka ragam sampai ke makanan berat. Untuk fasilitas kedai kopi biasanya sedikit menyediakan sofa untuk lebih lama bersantai.

Berikut 5 kedai kopi yang patut dikunjungi di Tangerang Selatan:

  • Rosso Micro Roastery (Most affordable coffee shop)

Karena letaknya di pasar modern kedai ini pas banget bagi yang sedang menunggu pasangannya belanja atau memang hanya sekedar ingin mencoba biji kopi khas Indonesia yang terkenal enak. Tidak hanya itu saja kedai kopi ini memiliki mesin roasting sendiri yang hasilnya dijual untuk kedai kopi di tempat lain dan juga dikonsumsi sendiri. Kalau ingin belajar ingin menjadi barista (pembuat kopi) disini juga menyediakan kursusnya. Kalau sedang kesini sempatkan untuk berbincang bincang dengan yang punyanya sekalian belajar tentang teori teori yang berlaku di ilmu perkopian.

Alamat: Ruko Pasar Modern BSD Sektor 1 Blok R No.21 (Pintu Barat) Jalan Letnan Sutopo Tangerang Selatan.

Wifi: Tidak tersedia

Snack: Kue tradisional Indonesia

Jam buka: Selasa, Rabu, Jumat (07.00 - 15.00). Sabtu, Minggu (07.00 -17.00).

  • Turning Point (Best Coffee Overall)

Siapa yang tidak tahu Turning Point? Bagi penikmat kopi, tempat ini banyak dijadikan referensi untuk menikmati cita rasa kopi yang berkualitas. Meskipun harganya diatas rata rata kedai kopi lainnya, namun kenikmatan kopi yang didapat juga diatas rata rata. Keramahan para baristanya patut dicungi jempol, tidak jarang mereka bakal menghampiri konsumen nya satu persatu untuk bertanya bagaimana kualitas kopinya atau sekedar obrolan ringan. Memang mayoritas biji kopinya import tapi sewaktu waktu mereka mendatangkan guest bean lokal juga. Selain itu di tempat ini juga sering diadakan event baik berkaitan dengan food & beverages mapun industri kreatif lainnya. Waktu terbaik untuk berkunjung: pagi dan sore hari sebelum sunset.

Alamat: Jalan Ki Hajar Dewantara Ruko Golden 8 Extension Blok K no.10 Gading Serpong.

Wifi: Tersedia

Snack: Sandwich dan pastry. Dessert cake oleh Lareia dan Beau *Thalitas Setiadi)

Jam buka: Tiap hari (08.00 – 20.00)

  • Tanamera (Best Indonesian Coffee)

Kedai yang sudah lama terkenal sebagai kedai kopi dengan 100% biji kopi Indonesia ini akhirnya buka juga di daerah Gading Serpong. Bukan hanya kopinya saja yang terbaik, Tanamera juga memiliki roaster yang pernah memenangkan kejuaraan dunia, barista yang pernah memenangkan kontes latte art di dunia dan juga prestasi lainnya. Berlokasi tepat bersebrangan dengan taman Scientia, kedai kopi yang terdiri dari 2 lantai ini bisa dibilang yang terbesar di wilayah Tangerang Selatan. Desain yang modern dan area outdoor lengkap dengan bean bag -nya akan menambah kenyamanan bagi para penikmat kopi yang berkunjung kesini.

Alamat: Jalan Scientia Boulevard No. #GV-09

Gading Serpong - Tangerang 15810 (Sebelah SUmarecon Digital Centre)

Wifi: Tersedia

Snack: Pastry.

Jam buka: Tiap hari (10.00 – 22.00)

 

  • The Flow

Dari sekian banyak alternative kedai kopi di Tangerang Selatan pilihan terakhir jatuh pada The Flow ini. Didominasi oleh biji kopi import (Kenya, Ethiopia etc) namun harga yang ditawakan setara dengan biji kopi lokal. Bagi penyuka cold drip disini juga disediakan asal pesan terlebih dahulu. Dari segi interiornya pun cukup nyaman dengan deretan sofa panjang cocok untuk bersantai dengan teman. Bangunan yang terdiri dari 2 lantai ini juga menyediakan permainan meja yang seru.

Alamat: Ruko Paramount Blitz, Blok-B no. 6

Gading Serpong - Tangerang (021 - 29505845)

Wifi: Tersedia

Snack: Pastry.

Jam buka: Minggu - Kamis (10.00 – 21.00). Jumat- Sabtu (10.00 – 22.00)

 

  • Asa Gao (Japanese Coffee Shop)

Kedai kopi yang bertemakan Jepang ini baru dibuka 21 Agustus 2015 ,menyajikan kopi yang disesuaikan dengan tren yang ada di Jepang. Dengan kopi andalan seperti Kori Kohi atau teh hijau premium dari jepang yang sulit ditemukan di pasaran. Tidak hanya minuman, di tempat ini juga tersedia makanan ringan (kerupuk) khas jepang!

Alamat: Ruko Graha Bulevard Blok - A no.9

Gading Serpong, Tangerang

Wifi: Tersedia

Snack: Pastry.

Jam buka: Minggu - Kamis (10.00 – 21.00). Jumat- Sabtu (10.00 – 22.00)

Life is too short for bad coffee