ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

5 Wisata Christmas Market Meriah di Eropa

Capitale de Noël

Capitale de Noël

Jingle bell...jingle bell...jingle all the way... 

Ho ho ho...Santa Claus is about coming to town! Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. 
Ada yang sedang bersiap merayakan Natal di belahan bumi Eropa penghujung tahun ini? Eropa menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk menghabiskan akhir tahun! Kenapa? Sebab, benua ini terkenal dengan Christmas Market nya yang meriah. Beberapa Christmas Market yang ada di Eropa menjadi incaran turis merayakan Natal sekaligus berbelanja. Can you imagine having a White Christmas while strolling around the Christmas Market accompany with lovely sound of Christmas Carols? Magical!! Pastikan kamu sudah siap dengan Pakaian di Musim Dingin nya ya.

Sepanjang jalan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan cantik khas Natal. Di mana pohon cemara disulap menjadi sangat cantik dengan segala pernak-pernik dan kerlap-kerlip lampu yang menghiasinya. Rintik salju yang turun dan udara yang dingin tidak menghalangi wisatawan di Eropa untuk berkunjung ke Christmas Market. Pasar yang muncul setahun sekali ini menjadi tempat berinteraksi antara pengrajin lokal dengan pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhan Natal, atau yang sekedar ingin menikmati suasana natal sambil menikmati wine hangat dengan sepotong pretzel.

Ingin bergabung dan merasakan syahdu nya suasana Natal bersama para penduduk lokal di beberapa Christmas Market di Eropa? Berikut beberapa pilihan Christmas Market yang sempat saya rangkum dalam perjalanan saya ke Eropa Desember kali ini:

1. Prague

Prague Christmas Market

Prague Christmas Market

I can say that Prague is one of magical place for me. I'm falling hard for its beauty. Jadi kebayang kan suasana Natal dengan background Gothik nya kota Prague yang cantik? Hardly can describe it!

Suasana Natal di ibukota Ceko itu benar-benar akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Sudut kota akan dihias dengan sangat indah, terutama di kawasan Old Town-Staromestske Namesti, pusat Christmas Market kota Prague.

Atmosfir unik dari pusat kota tua yang bernuansa medieval ini, membuat Christmas Market nya sangat terkenal. Tepat di bawah Astronomical Clock ikon sejuta umat, terdapat pasar Natal paling meriah yang dipenuhi oleh seluruh warga dan wisatawan. Kamu bisa menikmati suasana sambil memandangi pohon Natal raksasa yang diambil langsung dari Pegunungan Krkonose, sebelah utara Ceko. Uniknya, di jam tertentu kamu bisa menyaksikan atraksi lampu yang tidak kalah menarik dari pohon Natal raksasa yang telah dihias sangat cantik tersebut.

Saat berkeliling di Christmas Market, jangan lupa untuk mencoba penganan hangat khas Prague seperti Langosee (terus terang rasanya seperti Cakwe namun berbentuk lingkaran layaknya pizza, diberi topping saus bawang, saus tomat dan keju!), Trdelnik (roti yang bolong di bagian tengah seperti corong, di isi dengan coklat, tekstur luar garing namun lembut di dalam), ataupun untuk kamu yang bisa mengkonsumsi alkohol, kamu bisa mencoba 'medovina' / liquor madu dan 'becherovka' / liquor rempah untuk membantu menghangatkan badan.

Waktu: 26 November 2016 – 1 Januari 2017

2. Munich

München Christkindlmarkt

München Christkindlmarkt

Jerman adalah negara yang populer dengan Christmas Marketnya. Beberapa Christmas Market terbaik dunia bisa kita temukan di Jerman. Pada tahun ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Christmas Market yang berada di Munich. Christmas Market kota Munich atau yang biasa disebut München Christkindlmarkt, letaknya di jantung kota, yaitu di area Marienplatz. Sangat mudah untuk menuju ke Christmas Market ini, kamu bisa berjalan kaki sekitar 15 menit dari Hauptbanhof Station yang merupakan stasiun kereta utama kota Munich atau langsung berhenti di Munich Marienplatz.

Di sini kamu bisa menemukan pohon Natal setinggi 30 meter yang dihiasi sekitar 2500 lampu yang dikumpulkan para penduduk München dari berbagai tempat, baik dari dalam maupun luar negri. Saat Natal tiba, akan ada Tollwood, yakni sebuah festival kebudayaan yang menampilkan pertunjukan nyanyian, tarian dan kerajinan serta berbagai masakan dari seluruh dunia. Bisa dikatakan Marienplatz adalah tempat para wisatawan berbaur dengan warga lokal sambil menikmati musik, mencicipi kue almond dan kayu manis yang hangat, serta menikmati secangkir Gluhwein yang terkenal.

Waktu: 26 November 2016 – 24 Desember 2016

3. Strasbourg

Christkindersmarik

Christkindersmarik

Dinobatkan sebagai “Christmas Market Terbaik di Eropa” sebanyak 2 kali di 2014 dan 2015, Christmas Market di Strasbourg sangat sayang jika kamu lewatkan. Kota yang juga dijuluki “The Capital of Noel” atau Ibukota Natal benua Eropa ini, sudah ada sejak tahun 1570 dan diberi nama “Christkindersmarik”.  Kota Strasbourg berada di perbatasan Prancis-Jerman, sehingga membuatnya menjadi kota multikultur. Christmas Market di Strasbourg tersebar di 12 lokasi dengan menghadirkan 300 stan. Setiap sudut kota menjadi sangat meriah, karena kamu bisa dengan mudah menemukan ornamen Natal yang dihiasi lampu warna-warni. Strasbourg menawarkan beragam acara seperti konser musik tradisional dan acara budaya setempat yang layak ditunggu. Christmas Market Strasbourg merupakan salah satu destinasi paling diincar wisatawan di Eropa. Berkeliling Christkindelsmarik seakan tak pernah kehabisan hal menarik untuk dilihat, termasuk Sapin de Noel atau pohon Natal raksasa di tengah-tengah pasarnya.

Saat berkeliling stan penjual yang jumlahnya ratusan, jangan lupa mencicipi 'jus d'orange' alias jus jeruk hangat bercampur madu, rasanya hangat dan nikmat terutama dinikmati saat cuaca sangat dingin menusuk. Ada pula beberapa camilan yang terakulturasi kuliner Jerman seperti 'bredele' dan 'maennele', serta berbagai macam hasil kerajinan lokal bernuansa Natal yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Waktu: 25 November 2016 – 31 Desember 2016

4. Colmar

Colmar Christmas Market.

Colmar Christmas Market.

Berkunjung ke desa Colmar adalah salah satu bucket list saya sejak pertama kali menginjakkan kaki ke Petite France, Colmar Tropicale (a la-a la) di area Berjaya Hills, Malaysia. Saya jatuh cinta dengan uniknya bentuk bangunan warna-warni yang sangat menarik. Jadi, berkunjung ke Colmar di tempat aslinya merupakan suatu “kewajiban” bagi saya selama perjalanan ke Eropa. Merasakan langsung suasana desa Colmar, ditambah lagi dengan nuansa Natal yang meriah, benar-benar memberikan pengalaman tersendiri untuk saya. Jika kamu memiliki waktu lebih, berkunjung ke Christmas Market di Colmar adalah sebuah keharusan. Terletak tidak jauh dari Strasbourg, kamu bisa naik kereta yang menghubungkan wilayah Alsace menuju Colmar.

Christmas Market di Colmar tidak jauh berbeda dengan tempat lainnya. Yang membedakan adalah suasana desa Colmar yang memberikan efek magis tersendiri (menurut saya loh ya). Kamu akan merasakan keajaiban Natal yang berbeda di kota mungil ini, yang sudah berlangsung sejak belasan tahun yang lalu. Terdapat 5 Christmas Market yang terhubung dalam sebuah labirin jalan-jalan kecil berjajar dengan rumah tua cantik yang berusia ratusan tahun. Setiap sudut desa Colmar adalah spot foto yang seru, sebab desa ini memiliki arsitektur khas nya sendiri yang membedakannya dengan tempat yang lain. Para penjual di Christmas market nya pun sangat hangat menyambut kedatangan wisatawan maupun penduduk lokal, kamu akan merasakan suasana yang sangat intim dan otentik. Kebanyakan dari para penjual tersebut berasal dari Alsace dan telah terseleksi untuk kualitas dan keunikan dari produk yang mereka tawarkan.

Jangan lewatkan mengunjungi Maison Pfister, Koifhuis, Museum Unterlinden, Little Venice, House of the Heads dan gereja Saint martin Collegiate selama kamu berada di Colmar. Christmas Market di Colmar menawarkan tur keliling desa, wine tasting, cheese tasting, berbagai macam atraksi menarik untuk anak-anak, pameran mainan tradisional, serta pertunjukan dan konser yang sangat sering diadakan di waktu-waktu tertentu. Seluruh kota dihias layaknya seperti dalam mimpi untuk mengubah pusat kota tua menjadi teater terbuka sehingga bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung.

Oh iya, jangan lupa mencicipi penganan khas bulan Desember yang hangat selama kamu mengunjungi Christmas Market ini ya. Banyak pilihan makanan dan minuman dari berbagai stan, seperti flambee tart, minuman jeruk dan apel hangat yang sudah diberi rempah-rempah, serta Vin-Chaud (hot wine) yang sangat membantu untuk merilekskan tubuh di kala kedinginan.

Waktu: 25 November 2016 – 30 Desember 2016

5. Paris

Paris Christmas Market Champs Elysees

Paris Christmas Market Champs Elysees

Christmas Market atau biasa disebut marches de Noel yang berada di Champs-Elysees Paris dikenal sebagai yang terbesar dan tercantik dari seluruh Christmas Market yang ada di kota Paris. Berada di pusat kota yang juga merupakan pusat perbelanjaan yang dipenuhi oleh para wisatawan, Christmas Market ini tak pelak sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung lokal dan internasional yang sedang berkunjung ke pusat belanja kota Paris tersebut. Stan penjual dengan cluster ikonik kayu berjajar rapi mulai dari Metro Champs Elysees-Clemenceau hingga Metro Concorde. Christmas Market yang menjanjikan atmosfir yang unik ke setiap pengunjung ini, menawarkan berbagai macam pilihan wine, ginger cookies, sosis dan berbagai macam penganan khas Perancis yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sangat direkomendasikan mengunjungi Christmas Market ini di malam hari, sebab kamu sekaligus bisa menikmati Paris Illumination Night Festival yang menawan.

Waktu: 25 November 2016 – 1 January 2017

TravelNadia IselinniEurope, Eropa