ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Adam Lookout (Wahana Ayunan Tertinggi di Eropa)

ADAM LOOKOUT

Ada sedikit yang tidak biasa dari kunjungan saya ke negeri Kincir Angin kali ini. Saya tidak mencari desa nelayan maupun mencari kincir angin yang merupakan icon negara ini. Kali ini saya datang ingin merasakan sensasi ayunan tertinggi di Eropa yang dinamakan “Over The Edge” yang berada di A’dam Lookout area. As an adrenaline seeker, saya merasa tertantang begitu tahu ada the so called “The Highest Swing in Europe” di Amsterdam. Have you heard about it? Adam Lookout ini terhitung masih baru, sebab baru dibuka 26 Agustus 2016 yang lalu.

Tidak perlu menunggu waktu lama, begitu saya menginjakkan kaki di Amsterdam sore hari itu, saya langsung membeli tiket menuju A’dam Lookout untuk kunjungan malam itu juga (anaknya sedikit obsesif terkadang :P)

Ga sabar rasanya naik ayunan dari ketinggian 100 meter di atas tanah sambil melihat pemandangan kota Amsterdam yang cantik di malam hari. Yuuk simak beberapa catatan yang saya rangkum saat mengunjungi tempat yang lagi hits ini.

WHAT IS A'DAM LOOKOUT?

A'dam lookout adalah sebuah dek observasi dengan panorama yang tak tertandingi dari Amsterdam. Kamu bisa menikmati pusat sejarah kota, pelabuhan yang tidak pernah tertidur, lanskap Belanda yang unik dan juga pastinya melihat kanal-kanal yang terkenal dan termasuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO. Melengkapi pengalaman kamu di A’dam Lookout, ada state-of-the-art yang merupakan pameran interaktif tentang sejarah dan budaya Amsterdam.

AMSTERDAM FROM ABOVE

PRICE

Biaya masuk Adam Lookout sendiri tidak terlalu mahal, cukup merogoh kocek 12.5 euro. Kebetulan saya membeli tiket nya di hostel tempat menginap yang menawarkan discount, jadi saya hanya mengeluarkan 7.5 euro saja untuk mendapatkan akses hingga ke roof top/sky deck. Jika kalian tertarik untuk mencoba "Over The Edge" swing, kalian harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar 5 euro. 

WHAT WILL YOU GET

1. FREE PHOTO

Tiket masuk yang kamu beli di awal, sudah termasuk free interactive photo loh. Jadi hasil foto kamu nantinya seolah-olah kamu berada di puncak Menara A’dam dengan pemandangan Amsterdam di bawahnya. Hasil foto bisa kamu cetak di sana dengan biaya tertentu sesuai size yang diinginkan, namun jika tidak ingin dicetak kamu tetap bisa mendapatkan soft copy dari foto tersebut secara on-line dengan memasukkan kode yang diberikan saat foto.

2. 360º SKY DECK

Dari sky deck ini, kamu bisa menikmati dan mengabadikan pemandangan kota Amsterdam yang cantik 360°. Jangan lewatkan setiap sudut cantik kota Amsterdam dari ketinggian, khususnya di malam hari.

3. SWING OVER THE EDGE

Atraksi ini adalah alasan utama saya mengunjungi A’dam Lookout. 'Over the Edge' adalah ayunan tertinggi Eropa di puncak dek Menara A’dam. Untuk kamu yang pemberani dan suka memacu adrenalin, kamu bisa merasakan sensasi berayun 100 meter di atas tanah, di tepi menara A’dam dengan Amsterdam di bawah kaki kamu. Pastinya kamu bisa sambil menikmati panorama 360° dari ibu kota Belanda tersebut, itu kalau kamu tidak memejamkan mata selama berayun ya hahaha. Bisa dipastikan saat berayun, adrenaline kamu akan berpacu sangat cepat, for me it was a magical feeling, well...to be honest, it's freezing cold also hahaha, karena kebetulan saya mencoba atraksi ini saat winter, dan di malam hari pula LOL. If you’re an adrenaline seeker, it should be your Amsterdam Must Do.

4. 360º INDOOR PANORAMA DECK

Pemandangan cantik yang bisa kamu dapatkan kurang lebih sama dengan pemandangan di bagian outdoor / sky deck. Namun tempat ini akan sangat membantu saat winter, kamu bisa mengabadikan kota Amsterdam tanpa harus merasa kedinginan. Di dalamnya juga terdapat exhibition menarik yang sayang jika kamu lewatkan. Selain itu juga terdapat bar dan restaurant jika kamu ingin bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan kota yang cantik.

INDOOR PANORAMA DECK ADAM LOOKOUT

5. HEAVENLY ELEVATOR

Selain berayun di “Over The Edge”, mencoba lift yang melaju 22 detik untuk mencapai lantai 20 sambil dihibur dengan atraksi lampu yang menawan, juga menjadi alasan saya ingin mengunjungi Menara A’dam. Pengalaman naik lift yang tidak akan kamu dapatkan di manapun! Biar lebih jelas, kamu bisa cek video di bawah ini.

OPENING HOURS

Buka setiap hari dari pukul 10.30 – 21.00

Last admission: 20.00

HOW TO GET THERE

Address: Overhoeksplein 5, 1031 KS Amsterdam.

A'dam Lookout terletak di puncak Menara A'dam di Amsterdam Utara. Kamu bisa dengan mudah datang ke sana dengan menggunakan transportasi umum. Dari pusat kereta Amsterdam, yaitu Amsterdam Central Station, kamu bisa berjalan ke arah belakang stasiun yang menghadap ke kanal. Dari sana kamu menyeberang dengan menggunakan ferry yang selalu tersedia 24 jam GRATIS! Waktu menyeberang dengan ferry sekitar 2 menit saja. Dari Amsterdam Central Station pun sebenarnya kamu bisa melihat menara A’dam yang tinggi menjulang di seberang.

Gimana? Tertarik untuk memasukkan A’dam Lookout sebagai destinasi jika kamu mengunjungi Amsterdam? You should! Because I did it twice, karena saya kembali lagi keesokan hari nya untuk pemandangan di siang hari hihihi.