ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Aneka Nasi dari Malaysia

Seafood at jalan Alor
Seafood at jalan Alor

Berhubung makanan sehari hari kita nasi, gak ada salahnya saya berbagi cerita mengenai aneka macam nasi yang terdapat di Malaysia, khususnya. Saya pun baru tau kalau di Malaysia ini juga banyak terdapat aneka ragam nasi yang berasal dari berbagai penjuru daerahnya, meskipun sudah kesekian kali ke Kuala Lumpur. Awalnya kepergian ke Kuala Lumpur adalah untuk menonton pertandingan Tennis ATP world tour bulan October 2013, namun siapa yang bisa mengelak dari godaan untuk makan enak disini yang beraneka ragam dan relatif lebih murah dibanding di Jakarta?

Selama ini yang saya tau hanyalah makan Nasi Lemak atau makan seafood di jalan Alor, pada kenyataanya kota ini menawarkan lebih. Saya pun diajak teman (warga lokal) untuk mencoba makan malam di Kampung Bharu yang terletak di tengah kota Kuala Lumpur. Untuk kesini kita bisa naik kereta (Putra LRT) berhenti di kampung Bharu station, ya paling gampang naik taxi aja sih gak mahal kok kalo dari city centre, soalnya rada susah kalo pake monorail, atau cari temen di KL buat ditebengin haha. Menurut cerita teman saya bahwa Kampung Bharu ini hanya dihuni warga Melayu dan mereka tidak mau digusur untuk dijadikan areal bisnis, semacam old heritage village lah. Di tempat ini banyak ditemukan pedagang2 kaki lima ataupun restoran2 sederhana yang menjual makanan otentik Malaysia, mulai dari kuih (kue) basah sampai makanan berat (nasi). Buka dari lepas maghrib sampai tengah malam.

Kue Basah
Kue Basah

Sampailah kami di Kedai (toko/restoran) Kak Som yg kami pilih karena paling ramai. Model jualannya itu prasmanan jadi kita bebas memilih lauk yg diinginkan, tapi kalo nasinya diambilin sama mbak nya. Nah disinilah tricknya, kalo kita semisal pesan Nasi Kandar kita harus tau lauk yang cocok, karena kalau salah rada gak nyambung rasanya meskipun sah2 aja sih tergantung selera, untung ada teman saya yg warga asli Malaysia jadi gak salah pesen deh haha.. Oke langsung intinya ya:

Kedai Kak Som
Kedai Kak Som
Silahkan dipilih
Silahkan dipilih

Nasi Kerabu

Nasi yg berasal dari Kelantan ini (ingat dengan Manohara? nah!) :) umumnya berwarna biru/ungu yg dimasak menggunakan bunga telang (di Indo banyak di Ternate). Karena dimasak dengan bunga gak heran kalau nasinya pun wangi banget, kayak dikasih parfum. Lauk yang cocok untuk nasi ini: semacam pecel atau karedok, telur asin, daging goreng manis, terong kelapa parut.

Nasi Kerabu
Nasi Kerabu

Nasi Kandar

Kalau yang ini berasal dari Penang. Beras yang digunakan biasanya beras Basmathi (semacam nasi briyani) yg dimasak menggunakan rempah2. Lauk yg cocok diantaranya Ayam goreng, udang goreng, gulai terong or anything yang penting kuah gulainya harus banjir.. tapi saya gak mau pake gulai , dah eneg..

Nasi Kandar
Nasi Kandar

Nasi Dagang

Berasal dari Trengganu. Beras yg digunakan yakni ketan atau beras pulut org malay bilang. Dimasak menggunakan santan juga dan lauk yg cocok hanyalah gulai ikan Tongkol. Nasi ini cocok buat sarapan pagi. Simple yet Delicious, soalnya curry yang digunakan beda sama masakan padang.

Nasi Lemak

hmm.. kalo yg ini sih pasti udah pada nyobain. You can find it everywhere even on the airplane, AirAsia for Nasi Lemak Yeahh!!!

Dari segi harga, seperti saya bilang sebelumnya bahwa makanan di KL relatif lebih murah dibanding Jakarta. Untuk 3 porsi nasi lengkap dengan lauk pauknya + 1 Sup Tom yam + aneka kue basah + 1 Es campur + 3 jus semangka lychee cuma habis = 40 an Rm atau ssekitar 120rb. Murah kan? enak pula..

Selamat mencoba!!