ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Aurora

Aurora adalah sebuah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala dan menari2 di langit yang diakibatkan oleh interaksi antara medan magnetik yang dimiliki oleh sebuah planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Dalam hal ini medan magnetik bumi ada di kutub utara dan kutub selatan. Fenomena yang terjadi di kutub utara ini dinamai Aurora Borealis sedangkan yang terjadi di kutub selatan yaitu Aurora Australis. Bukan berarti di tengah2 kutub kejadiannya melainkan biasanya terjadi di lingkar terluar lintang kutub (Arctic Circle). Aurora Borealis bisanya dapat dilihat pada malam hari mulai bulan October sampai Maret sedangkan Aurora Astralis mulai bulan Mei -Agustus. Kemungkinan terbesar untuk melihat Aurora borealis ini ada di daratan yg dekat dengan kutub utara sedangkan Aurora Australis bisa dilihat di New Zealand ataupun Chile namun kecil sekali kesempatannya karena masih jauh dari linkar luar kutub selatan. Sebenarnya Aurora ini terjadi baik siang maupun malam, namun penampakannya hanya bisa dilihat di malam hari ketika matahari sudah terbenam sepenuhnya, karena kalau tidak akan kalah sama cahaya matahari. Berikut tips2 untuk melihat penampakan Aurora Borealis di Iceland khususnya:

  • Pastikan berada di Iceland pada bulan antara Oktober - Maret (winter). Kalau diluar bulan2 tersebut di Iceland mataharinya tidak benar2 terbenam soalnya.
  • Download aplikasi seperti Aurora Forecast (Apple store)
  • Biasanya Aurora Borealis ini sangat aktif pada tanggal bulan baru. Bulan baru artinya dimana ketika bulan tersebut tidak kelihatan. untuk tahu kapan bulan baru tiba bisa klik disini
  • Awan selama malam hari harus lah clear atau pun fair (sedikit Berawan). kalau lagi badai ataupun mendung tidak akan terlihat meskipin aktifitasnya tinggi diatas sana.
  • Biasanya malam tersebut sangat lah dingin. Hal ini ada hubungannya dengan keberadaan awan tadi, jika banyak awan biasanya lebih lembab dan menaikan suhu dan sebaliknya jika kering akan menurunkan suhu.
  • Terus update dengan website ini. Disini kita bisa lihat prediksi level activity yg akan terjadi malam nanti. Level 0 tidak ada aktifitas Aurora. Level 1 artinya aktifitas rendah yg sulit dilihat dengan mata telanjang. Level 2 artinya aktifitas dapat dilihat dengan mata telanjang dan cantik. Level 3 aktifitas yang sangat mengaggumkan. level 4 artinya PENGSAN kalo ngeliat hahaha..
  • Carilah tempat yang sangat gelap dan jauhi dari gangguan cahaya kota.
  • Bisanya terjadi mulai pukul 10 malam sampai 2 pagi tergantung pergi bulan apa. Saya waktu itu selalu muncul jam 10.30 bulan Maret awal.
  • Aktifitas ini bisa jadi sebentar banget 5 menit atau berjam jam tergantung levelnya.
  • Pastikan camera handal yg sudah di set untuk menangkap Aurora (Tripod, Long Shutter speed variatif dari 5-30 detik, High ISO 800 acceptable atau lebih tinggi, Aperture 2-4). Tidak perlu DSLR kalau aktifitasnya sudah level 3. Intinya trial error lah.

Perlu diingat tips2 diatas hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi. Aktifitas Aurora ini intinya tidak bisa diprediksi aplikasi2 atau web weather forecast yg saya berikan fungsinya hanya untuk membantu, tidak bisa dipercaya 100%. Karena pengalaman saya bahwa web forecast menyebutkan kalau malam tidak ada aktifitas Aurora tapi kenyataannya saya bisa lihat atau sebaliknya aplikasi forecast menyebutkan aktifitas tinggi nanti malam tapi saya tidak melihatnya sama sekali. Yang terpenting adalah nikmati perjalanan di Iceland, tanpa melihat Aurora pun Iceland merupakan negara yang tidak bisa saya lupakan keindahannya.