ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Emilie Nicolas; The next big thing in music industry

Emilie_Nicolas_by_Sonny_Malhotra-98641.jpg

Pernah gak sih ketika dengar sebuah lagu pertama kalinya, seketika itu juga kepala dan badan merasakan sensasi yang tidak biasa? Mau senang, sedih atau campur aduk masing-masing pasti punya kesan tersendiri terhadap musik favoritnya. Seperti itu juga ketika gw mendengarkan lagu dari Emilie Nicolas, musisi yang berasal Norwegia. Awal tahu musisi ini sebenarnya dari salah satu idola gw sejak tahun 2013, Lorde yang sengaja ngetweet salah satu hits dari Emilie Nicolas – Pstero yang dianggapnya “share our little secrets”.

Bukan rahasia lagi kalau kita sebagai penggemar electro pop melihat Scandinavia sebagai sarang musisi electro. Makin kesini makin kreatif musiknya, tapi coba dengar deh lebih detail negara mana yang lebih ngepop dan mana yang lebih ngesynth. Norway yang mengusung Röyksopp dimana Swedia telah mengangkat Robyn, Tove Lo, The Cardigans, Swedish House Mafia, Avicii dan masih banyak lagi memasuki tangga lagu pop internasional. Tapi bisa dilihat juga mana yang lebih dekat hubungan industri musiknya ke Amerika? Hahah duh kenapa gw jadi kesannya bias ya.. anyway let’s take a closer look to this underdog!

Dibesarkan oleh keluarga pecinta seni di luar kota Oslo (Trondheim) sejak tahun 1988, Jazz dan Bossa Nova memiliki pengaruh kuat dalam aransemen musiknya. Karena latar belakang itulah jadi agak susah menebak ritme dalam sebuah lagunya, or it’s just me? Bisa dibilang bukan lagu yang karaoke-able. Kadang sebuah lagu hanya cocok untuk didengarkan daripada dinyanyikan, cocok buat yang isi kepalanya kebanyakan halusinasi. Karakter suara yang imut namun dingin ditambah kekuatan vokal yang konstan membuat penampilannya di dalam sebuah koser melebihi ekspektasi penontonnya.

Bukan hanya vokalis yang menjadi bintangnya tapi juga sang penabuh drum elektronik sekaligus produser di album Like I’m a Warrior, Eivind Helgerød mencuri perhatian penikmat album ini. Penampilannya di setiap konser yang spektakuler dengan pengahayatan yang mendalam membuat suasana konser Emilie Nicolas selalu mendapat respon yang sangat positif.

Note: sementara album Like I’m a Warrior hanya tersedia di iTunes store Norway, Spotify dll. Direncanakan release internasional awal tahun depan.

MusicETAPORAMAmusic