ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Essential Oils yang Wajib Dimiliki di Rumah

ESSENTIAL OILS

Sejak peradaban kuno, Essential Oils sudah banyak digunakan untuk metode perawatan/pengobatan baik untuk orang dewasa maupun anak kecil namun tendensi sekarang ini ditujukan bagi orang yang ingin sebisa mungkin  menjauhkan diri dari penggunaan bahan kimia sehari-hari yang ber-efek negatif kedepannya. Karena harganya yang relatif tidak murah membuat sebagian kita harus memilih mana saja essential oils yang wajib dimiliki, setidaknya yang paling banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut 5 essential oils yang wajib dimiliki di tiap lemari anda:

1.    Patchouli

Manfaat: Anti inflamasi, mencegah infeksi , meminimalkan bekas luka, mengobati jerawat, demam, deodorant (oleskan pada bagian yang terkena dampak kecuali lapisan tisu), Antidepressant, mengurangi insomnia,  meningkatkan sistem imun, menstimulus hormon (Hirup dengaan menambahkan 5-10 tetes pada diffuser)

Perfumery: Base Note - Strong. Meskipun bebrapa orang tidak menyukai aromanya yang berkesan kleniknamun ketika dicampur dengan essential oil yang lain aroma kayunya yang akan lebih tercium

2.    Lavender

Manfaat: Mengurangi stress, menyembuhkan luka bakar/robek minor, memperbaiki kualitas tidur, antioxidant, mengurangi sakit kepala, memperbaiki eksim dan jerawat, menyeimbangkan kadar gula. (Hirup langsung / dengan diffuser 5-10 tetes atau oleskan pada bagian yang terkena dampak)

Perfumery: Middle note - medium. Wangi bunga-bungaan yang paling bayak diminati berbagai kalangan.

3.    Tea Tree

Manfaat: Antiseptik, sinusitis, flu, migraine, jerawat, Kulit kepala kering dan berketombe, antimikroba sehingga cocok sebagai pengganti hand sanitizaer, antijamur, anti parasite, deodorant, obat kumur. Meskipu lebih disarankan untuk pemakaian luar, penggunaan oral hanya diperbolehkan jika tidak tertelan.

Perfumery: Middle note – Medium. Digunakan banyak oleh sebagai bahan baku minyak wangi modern.

4.    Peppermint

Manfaat: mengurangi nyeri otot, perawatan sinus, perawatan sendi, mengurangi nafsu makan, pemberi semangat, mengurangi demam, anti gatal, memaksimalkan fungsi shampoo, meredakan kembung, obat kumur, mengurangi mual, gusi bengkak, menyeimbangkan hormone. (Metode penggunaan dihirup , dapat dikonsumsi dengan kadar 1% atau kurang).

Perfumery: Top note – Strong. Dengan aroma yang pedas namun karena kuat tidak perlu banyak digunakan.

5.    Lemon

Manfaat: Flu, batuk, kulit berminyak, kulit kusam, pemutih gigi, pengganti hand sanitizer, disinfektan alami, memperbaiki metabolisme, memperbaiki mood, memperbaiki sistem imun. (Dapat Dicampurkan dengan madu 1 sendok makan dan 1 tetes lemon eo untuk batuk)

Perfumery: Top note – Strong.

Perlu diperhatikan bahwa essential oils sejatinya diperuntukan untuk pemakaian luar karena ukuran partikelnya yang sangat kecil dengan berat sangat ringan kurang dari 1000m (m = berat jenis dari molekul) sehingga dengan mudah menyerap melalui kulit dan diedarkan oleh pembuluh darah ke seluruh tubuh untuk manfaat internalnya. Berikut essential oils yang dianggap beracun jika tertelan: Clove, Tea Tree, Patchouli, Cananga dan Nutmeg (pala). Tapi analoginya seperti ini: apakah ada pernah mengkonsumsi minuman ber-alcohol meskipun meskipun dibawah 5%? Kalau aman aman saja ya berarti tubuh anda cukup kuat untuk mentolerir benda yang dianggap berbahaya masuk ke tubuh :D. Anyway I’m not daring to do so lho ya..

DSC_0384.jpg

Setelah memutuskan untuk memilih essential oils kita juga harus memiliki Carrier Oil sebagai minyak tambahannya. Kenapa demikian? Karena tidak semua orang bisa mentolerir tingginya konsentrat yang ada pada essential oils dan carrier oil berfungsi untuk mengurangi tingkat sensivitas anda tanpa mengurangi khasiat essential oil itu sendiri. Untuk mengetes apakah anda sensitive terhadap essential oil adalah dengan melakukan Patch Test, yaitu mengoleskan satu tetes essential oil pada kulit lengan bagian dalam anda. Jika tidak ada indikasi iritasi berarti kulit anda cukup kuat untuk mentolerir essential oil yang sedang ada gunakan. Bukan hanya untuk mencegah iritasi, Base oil sendiri pun memiliki fungsi untuk menaikan potensi yang ada pada essential oil yang sedang digunakan. Namun penggunaannya harus juga dicocokan dengan jenis kulit anda. Mengenai persentase antara Essential Oil dengan Carrier Oil bergantung pada penggunaannya misalnya untuk Face Serum bisa 20 tetes EO : 60 ml EO.

CARRIER OIL

Perfumery

Meskipun memiliki karakter yang broad spectrum atau multifungsi namun tiap tiap jenis essential oil memiliki karakter masing-masing. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan sesuai dengan selera yang diinginkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencampurkan beberapa essential oils. Seperti yang sudah disebutkan diatas yaitu mengenai Perfumery Notes. Dalam kasus untuk membuat campuran parfum kita harus dapat membedakan 3 kategori utama dalam hal evaporasi essential oils yaitu: Top, Middle dan Base notes. Top notes mengandung molekul terkecil dan paling cepat menguap, Middle notes biasanya berlangsung dalam beberapa jam saja dan Base notes menguap secara perlahan dan mengandung molekul terbesar sehingga aromanya dapat bertahan paling lama.

DSCF4252.jpg

Campurannya:

·      Top Notes (10-30% dari campuran EO). Karakter: Tajam, tipis, wangi yang pertama kali akan tercium, membangkitkan sensasi, menyegarkan. Ex: Citronella, Lemongrass, Lemon, Bergamot, Orange, Grapefruit, Eucalyptus, Peppermint.

·      Middle Notes (30-60% dari campuran EO). Karakter: Full bodied namun kompleks, penyeimbang antara top dengan base notes. Ex: Lavender, Cinnamon, Rosemary, Geranium, Ginger, Chamomile, Rose.

·      Base Notes (15-30% dari campuran EO). Karakter: Fondasi dari sebuah wewangian, padat, berat, penguat aroma yang lainnya. Ex: Vetiver, Patchouli, Clove, Frakincense, Myrrh, Sandalwood.

Tipe pafrum:

·      Alchohol base (5% - 25% concentration): alcohol from sugarcane/grape/grain or Vodka.

·      Oil base (15% – 30% concentration): Virgin Coconut Oil, Jojoba or Sunfloweroil.

·      Solid base (25% - 40% concentration): Beeswax + Carrier Oil.

Untuk campuran lain khususnya untuk pengobatan anda bisa menemukannya di berbagai sumber yang lain karena seperti quotes yang telah saya sampaikan bahwa

“Optimal functioning of the immune system, it turns out, is dependent upon feeling good.”

Dan wewangian bagi saya sudah cukup membantu saya untuk Feeling Good :)

 Beberapa bahan kimia yang terkandung pada produk sehari-hari yang berbahaya seperti:

·      Paraben, digunakan sebagai pengawet, pencegah jamur dan mikroba pada produk perawatan kulit. Efek samping: Ditemukan pada semua pasien kanker payudara, Penuaan dini, Kemandulan pada pria, tidak dapat diurai dalam tubuh.

·      Phtalates, digunakan pada campuran kemasan produk untuk menjaganya tetap awet, fleksibel, pengikat aroma. Banyak ditemukan pada parfum dan kemasan plastik. Efek samping: Merusak keseimbangan hormone.

·      Flouride, digunakan banyak pada pasta gigi untuk mencegah lubang. Efek samping: meningkatkan potensi tumor dan kanker, menganggu aktifitas otak, mengganggu sistem imun dll.

·      Triclosan, digunakan untuk anti bakteri anti jamur anti septik pada sabun. Efek samping: menggangu produksi hormon, membuat bakteri semakin imun terhadap bahan kimia.

Untuk menghindari bahan kimia diatas ada baiknya kita membut sendiri produk sehari-hari yang kita gunakan mulai dari sabun, shampoo, pasta gigi, hingga pewangi dengan menggunakan bahan utama essential oils. Memang untuk memperoleh campuran yang maksimal diperlukan yang namanya trial and error oleh karenanya jika baru pertama kali campurlah essential oils tersebut dalam jumlah kecil agar tidak terbuang percuma. Saya pun agar tidak salah arah memilih untuk mengikuti workshop terlebih dahulu. Waktu itu saya mengikuti workshop essential oils di Utama Spice Ubud, Bali. Dengan tenaga yang berpengalaman dan insightful saya dapat banyak sekali pengetahuan baik mana yang mitos mana yang fakta. Apapun jenis blending/campuran yang diinginkan dapat dipraktekan disini mulai dari keperluan sehari-hari seperti: sabun mandi, pasta gigi, shampoo, hair oil, face serum hingga campuran untuk penyembuhan penyakit tertentu.

 

Mengenai detail workshop silahkan hubungi alamat dibawah ini:

Utama Spice Bali

Workshop: Essential Oils, Jamu, Body Scrub, etc

Hours: 09.00 – 16.00 (break 12.00 – 13.00)

Price: Rp. 275,000,-

Address: Jalan Kaja Kauh No. 8, Br. Pengosekan, Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia.

Phone: 0361 975051

WhatsApp: +628113988606

Email: info@utamaspicebali.com