ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Kembali ke Alam dengan Essential Oils

“Optimal functioning of the immune system, it turns out, is dependent upon feeling good.”

Sebelum membahas apa itu essential oil dan kegunaannya? Saya ingin berbagi mengapa saya tertarik membahas topik ini. Kesadaran saya untuk kembali pada produk alami dilatar belakangi oleh kejadian traumatis baik yang menimpa sahabat2 saya dan juga pengalaman pribadi. Namun daripada dibilang sebagai “tukang obat” saya lebih memilih bercerita latar belakang secara teknis kenapa saya jadi gone gaga tentang Essential oils. Metode pencegahan/perawatan yang notabene kembali ke alam ini mengusir rasa paranoid akan obat-obatan yang terkenal beracun atau dengan efek samping yang tak diduga. Bukan itu saja, aroma yang ditimbulkannya pun membuat metode ini jauh dari kesan “obat-obatan” , malah justru menyenangkan. Banyak aroma essential oil ini berhasil membangkitkan olfactory memory di limbic sistem saya,  yang artinya mengaitkan moment tertentu dengan aroma tertentu, dan itu menyenangkan!

essential oils

Apa sih essential oils sebenarnya? Essential oils adalah minyak ekstraksi yang dihasilkan dari komponen organik tumbuhan, baik dari bunga, biji, akar, buah hingga daunnya dengan manfaat penyembuhan yang luar biasa efektif. Penggunaan essential oils untuk penyembuhan sering disebut dengan aromaterapi, yang mana perawatannya secara menyeluruh, tidak hanya memperbaiki secara fisik tapi juga memperbaiki keadaan mental dan emosional. Tidak seperti halnya obat-obatan konvensional yang bekerja tanpa pandang bulu, dimana baik bakteri jahat maupun baik ikut dibinasakan. Selain untuk penyembuhan, essential oils ini bersifat sapu jagat alias multi fungsi, bisa digunakan untuk: relaksasi, perawatan kulit, pembersih udara dari virus dan bakteri hingga pembersih perabotan rumah tangga.

DSC_0384.jpg

Proses untuk mendapatkannya pun dibagi beberapa metode dari yang paling mudah – distilasi, sedang - cold proses hingga rumit - absolut. Untuk proses absolut biasanya digunakan untuk proses ekstraksi bunga-bungan premium seperti mawar, melati dan sedap malam, yang mana prosesnya cukup panjang dan membutuhkan bahan baku yang sangat banyak. Jadi jangan percaya jika kamu bisa beli EO bunga2 premium dengan harga murah, dijamin palsu! :D Karena sebagai contoh untuk menghasilkan 1000 ml EO dibutuhkan sekitar 4 ton bunga2an tersebut, jadi bisa dimaklumi kalau harga rose essential oil 1ml dihargai 10 euro. 

essential oils utama spice
EO Vs Chem.png

Dibalik semua keunggulan yang dimiliki oleh essential oils, kita harus sangat mempertimbangkan keasliannya agar bermanfaat secara utuh, bukannya malah merugikan. Pastikan essential oils yang digunakan adalah 100% bahan alami asli tanpa zat kimia, perekat dan pewarna tambahan. Juga jangan mudah tertipu oleh klaim therapeutic grade essential oils yang menurut saya berlebihan, apalagi dengan approval FDA :) Anda bisa mengerti sendiri betapa besarnya keuntungan yang didapat ketika bisa menguasai bisnis kesehatan?! Pikir sendiri ya.. 

Disamping itu pemakaiannya pun juga perlu diperhatikan. Secara umum penggunaan essential oils cocok untuk pemakaian luar, kalaupun ingin mengkonsumsinya secara oral pastikan kandungannya hanya 1% yang artinya rasio 1 sendok teh (5ml/100tetes) carrier oil : 1 tetes EO atau 100 ml : 20 tetes EO.

Beragamnya harga di pasaran membuat kita bingung memilih mana standar harga yang sesuai. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil essential oils terbaik untuk tumbuhan seperti: Patchouli, Clove, Vetiver, Cajeput, Citronela, Lemongrass, Cubeb dan Tumeric. Jadi buat apa beli essential oil impor kalau kita bisa mendapatkan yang terbaik dari negara kita sendiri yang notabene tidak mahal.  Sebagai konsumen yang cerdas kita juga harus peduli akan tanggung jawab industri ini terhadap komunitas lokal dan dampaknya pada lingkungan sekitar. Jangan karena kita berpihak pada alam namun malah merusak komunitas dan alam sekitar. Salah satu produsen yang patut diacungi jempol adalah Utama Spice dari Ubud Bali, selain memberdayakan ibu rumah tangga sekitar Ubud, bahan-bahannya pun sebisa mungkin mengutamakan produk petani lokal negri sendiri dengan standar yang ketat . Untungnya lagi, essential oil ini lebih mudah ditemui secara retail di Jakarta, contohnya di AEON mall BSD, jadi gak perlu jauh jauh datang ke Bali kalau hanya untuk membeli Essential Oils.

utama spice

Kesimpulan: Bukan bermaksud untuk mengabaikan kerja mati-matian para ilmuwan obat-obatan. Karena bagaimanapun juga ilmu tentang pengobatan kimia sintetis telah berkontribusi menyelamatkan banyak orang, terutama dalam keadaan krisis atau emergency. Saya lebih memilih memposisikan essential oils sebagai metode pencegahan dan perawatan dibanding pengobatan sekali jadi. Sekali lagi ini bukanlah gaya hidup yang sedang ngetren namun lebih kepada pilihan hidup yang dijalani secara total dan konsisten. Apalah arti kalau digunakan sementara atau hanya sebagian jika kita tetap menggunakan produk kimia olahan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kesehatan sejati ada pada semua level baik mental, emosional, spiritual dan fisik.