ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Scenic Road New Zealand

Cara terbaik untuk menikmati New Zealand adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tidak diragukan kalau kondisi jalan yang mulus dan sepi menambah kenyamanan berkendara di seluruh New Zealand. Sangking sepi nya gak kerasa kalau kecepatan mobil sering melebihi batas yg ditentukan, hati2 aja sama speed camera atau polisi yg sedang berpatroli karena siap menyergap anda yg melanggar aturan hahaha.. Pemandangan yang luar biasa cantik dan habitatnya akan setia menemani perjalanan selama menelusuri landscape disana.

Berikut beberapa scenic road  New Zealand yang tidak boleh dilewatkan selama road trip:

  • Desert Road (North Island).

Rute sepanjang 10km ini terletak di Street Highway 1 (SH1) yang berawal di Rangipo dan berakhir di Waiouru. Dalam perjalanan ini kita akan melewati pegunungan vulkanik Ruapehu, Tongariro dan Ngaruhoe yang merupakan pegunungan tertinggi di North Island. Tidak hanya itu keunikan padang rumput yang menghampar luas membuat perjalanan ini begitu berbeda dengan pemandangan NZ pada umumnya karena memiliki iklim mikro khusus. Jangan heran kalau musim gugur sudah turun salju disini padahal kalau dilihat dari letak geografis nya yang masih di North Island kecil kemungkinan turun salju nya dan kalau Winter jalanan ini sering ditutup.

Jika perjalanan dilanjutkan ke arah selatan (Wellington) maka kita juga akan melewati Manawatu scenic drive, disini kita akan melewati sungai2 jernih dan lembah2 hijau yg depenuhi domba2.

  • Arthur’s Pass Scenic Road. (South Island)

Rute ini membentang jika kita memulai perjalanan dari Christchurch menuju Greymouth atau Hokitika. Pemandangan yang ber ubah2 mulai dari pegunungan alpine, hutan tropis, tebing2 curam dan diakhiri pantai pesisir barat siap memanjakan mata untuk orang yang melewati nya. Khusus di section Arthur’s Pass jalanan sering ditutup berhubung bahaya longsor batu yang lumayan sering terjadi (Untuk update jalanan bisa buka disini). Kita juga akan melewati sebuah mahakarya konstruki, sebuah jembatan panjang dan tinggi yang berfungsi untuk mengindari jalanan terhalangi oleh longsor bebatuan di sekitar pegunungannya, bernama Otira Viaduct.

  • Milford Sound Scenic Road & Cruise (South Island)

Kenapa saya sebut road atau cruise? Karena dua model perjalanan begitu mencengangkan. Milford sound scenic road akan dimulai beberapa kilometer setelah melewati kota Te Anau hingga Milford Sound. Disini kita akan melewati jalanan yang dihimpit oleh tebing adan gunung curam yang ditemanti oleh ratusan air terjun. Serasa masuk ke Jurassic Park karena suasana yang mirip dunia lain apalagi kalau sedang berkabut akan menambah dramatis perjalanan ini.

This video is absolutely not mine which has been taken down :)

 

Sedangkan Milford Sound cruise adalah sebual model transportasi menggunakan kapal laut yang akan melewati karst atau pegunungan batu diatas permukaan air. Meskipun harus merogoh kocek, pengalaman yang didapat merupakan pengalaman sekali seumur hidup. Keheningan dan kemegahan Milford Sound akan memberikan memori tersendiri di hati para penikmatnya.

  • Aoraki/Mt. Cook National Park scenic road (South Island)

Rute Street Highway 80 sepanjang 60km ini merupakan jalan buntu yang berakhir di Mt. Cook National Park/Village. Perjalanan ini dimulai di persimpangan sebelum Lake Pukaki (Street Highway). Sudah tentu dalam perjalanan ini kita kan ditemani dengan pemandangan lake Pukaki yang begitu fantastis lengkap dengan warna biru susu yang ajaib. Setelah melewati lake pukaki kita akan memasuki taman nasional Aoraki yang di kelilingi pegunungan tertinggi di New Zealand. Oya jangan lupa untuk melakukan short hiking di taman nasional ini demi mendapatkan pengalaman sekali seumur hidup dan gratis pula hehe..

  • Hakatere Potts road Scenic drive. (South Island)

Perjalanan sepanjang sekitar 50 km ini dimulai dari Ashburton Gorge road menuju Hakatere Conservation Park. Dalam rute ini kita akan melewati Lake Clearwater, sesuai dengan namanya air yang begitu jernih mampu memberikan efek cermin bagi pemandangan di sekitarnya. Kondisi jalan menuju Lake Clearwater sangat bagus (beraspal) namun setelah danau ini menuju Mt. Sunday jalanan sudah lagi tidak beraspal. Meskipun jalanannya gravel tapi passable kok. Mt Sunday ini sendiri merupakan lokasi film ternama Lord of the Ring yang disebut EDORAS.

  • Akaroa Summit Road (South Island)

Perjalanan yang berlika liku ini tidak membuat kami patah semangat untuk melaluinya, karena pemandangan yang luar biasa akan kita dapat jika berada di puncak bukit di kota Akaroa ini. Kita dapat melihat perbukitan cantik lengkap dengan lautan lepas di penghujung timur South Island New Zealand. Letak Akaroa ini pun tidak begitu jauh dari Christchurch (kota terbesar di South Island) sekitar 1 jam arah timur.

This video also not mine but this one is the most likely.

Sebenarnya sebagian besar perjalanan di New Zealand dapat saya anggap scenic road karena pemandangan yang seringkali berubah ubah dan cantik. Namun daftar diatas merupakan yang paling berkesan menurut saya dan kebetulan  didokumentasikan dalan sebuah video time lapse.