ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

Sewa Mobil di Iceland

DSC05894.jpg

Ada beberapa cara untuk menikmati keindahan negara Iceland (Islandia) ini:

  1. Mengikuti multi day tour yg disediakan oleh tour agent disana baik yang based di Reykjavik atau pun ber-pindah2 kota. Plus: perjalanan jauh lebih aman dan on schedule. Minus: Mahal dan waktunya ditentukan oleh guide tersebut. Ada banyak sekali tour agent yang menawarkan produk ini biasanya belasan sampai puluhan juta rupiah, ngok! tergantung lamanya hari yg diambil dan jenis aktifitas tour.
  2. Menggunakan sarana transportasi umum (Bus, pesawat domestik, dll). Perlu diingat bahwa perjalanan semacam ini hanya bisa dilakukan pada musim panas saja khususnya jika ingin menggunakan bus. Plus: Murah dan bisa kenalan dengan banyak traveler lainnya. Minus: Sarana transportasi di Iceland tidak terintegrasi dengan baik, banyak spot2 turis yang tidak dilewati jalur bus umum dan waktunya tidak frequent.
  3. Hitchhiking atau menumpang mobil orang lain. Model travel banyak dilakukan pada musim panas dan berikut website yg wajib digunakan bagi para hitchhiker di Iceland. Plus: More adventure, murah dan bisa banyak kenalan orang lokal ataupun traveler lain. Minus: Kebanyakan musim panas, tergantung kepada pemilik mobil dan harus punya banyak spare waktu.
  4. Menyewa Mobil (Road trip) baik kendaraan penumpang bisa maupun camper van (Summer). Plus: Bebas menentukan destinasi dan waktu. Minus: harus pintar2 observasi destinasi sebelum kepergian karena banyak petunjuk wisata disana dalam bahasa Icelandic. Petunjuk kondisi jalan dapat ditemui di website ini.

Kami akhirnya memutuskan untuk menyewa kendaraan selama di Iceland (Kecuali di Reykjavik) atas berbagai pertimbangan. Menyewa kendaraan di Iceland bisa dibilang sangat mahal bila dibandingkan negara2 Eropa lainnya bahkan dengan New Zealand. Untuk sewa selama 6 hari saja kami harus mengeluarkan kocek sebesar 89.200 ISK atau setara dengan 9 juta rupiah. Harga tersebut sudah termasuk Asuransi (TP, GP, SCDW, CDW dan SAAP), GPS dan biaya drop off di Reykjavik (kalau drop off di kantornya di Keflavik Airport, free). Mobil yang saya sewa saat itu adalah 4WD (new KIA Sportage kereeen ada sunroof nya) dari Blue Car Rental. Berikut seluk beluk mengenai sewa mobil di Iceland:


Rental Company

Ada banyak perusahaan rental mobil di Iceland mulai dari skala internatioanal (Hertz, Avis dll) sampai ke perusahaan lokal. Pilihan saya jatuh kepada perusahaan lokal bernama Blue Car Rental. Alasan saya memilih perusahaan tersebut dikarenakan reviewnya yang mayoritas positif dengan harga yang moderat, tidak mahal tapi juga tidak murah, mobil nya baru2 dan tak kalah penting contact person nya ramah dan resposif sekali.. Ada juga perusahaan lokal yang terkenal yaitu SADCars yang menyewakan mobil dengan harga murah, namun reviewnya sangat beraneka ragam 50-50 lah baik yg bagus maupun yang buruk dan juga kendaraan yg disewakannya relatif tua2 (rata2 usianya 10 tahunan).

Jenis Kendaraan

Untuk memilih kendaraan yang akan kita sewa harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yg dimiliki. Kita dapat menyewa Campervan, mobil 4WD atau mobil 2WD. Campervan biasanya paling mahal dilanjutkan dengan 4WD lalu 2WD. Kendaraan terpopuler untuk disewa yaitu 2WD namun biasanya digunakan pada saat selain Winter saja. Disarankan untuk menyewa 4WD jika bepergian disaat Winter karena kondisi jalan yang licin tertutup es/salju. Kalau pergi saat summer paling pas sih sewa 2WD karena murah (bagi orang Iceland sih :p) dan jalanan relatif tidak licin (Cuaca di Iceland tidak bisa diprediksi bisa turun salju bulan Agustus). Oia ketika menyewa mobil pada saat winter pastikan mobil tersebut sudah terpasang Winter Tyre (Ban yg dipasang paku2 kecil) untuk menghindari slip selama berjalan di atas jalan yg ber salju. Bukan berarti dengan kendaraan 4WD dan winter tyre bisa bebas blusukan khususnya ke F road (Gravel road) karena biasanya kalo ekstrim winter saljunya bisa lebih dari 1 meter dan untuk melewatinya tidak cukup 4WD biasa harus superjeep dengan ban segede orang! hehe..

Asuransi dan tambahan lainnya

Nah hal inilah yang paling membuat saya bingung pada saat ingin menyewa mobil disana, Asuransi! intinya tidak ada satu pun produk asuransi mobil disana yg akan meng cover semua incident/accident, tidak ada yang All Risk! Semahal apa pun kita ambil produk asuransi disana kita harus membayar sejumlah uang yg tidak kecil jumlahnya jika terjadi kecacatan pada mobil atau yang disebut dengan Self Risk. biasanya Self Risk untuk kendaraan penumpag dimulai dari 9jt rupiah sampai puluhan rupiah per kejadian tergantung jenis kendaraan. Bingung dengan istilah Self Risk? Saya kasih simulasi ya.. Semisal mobil yang kita tumpangi bodinya penyok tertabrak mobil atau hewan. Biaya perbaikan total menghabiskan 20jt (biaya reparasi di Iceland sangat mahal). Self risk kita misalnya 10jt (tergantung asuransi yg diambil) berarti kita harus membayar 10jt dan sisanya 10jt lagi dibayar oleh perusahaan asuransi nya. Kalau biaya kerusakan 5jt, berarti kita membayarkan seluruh biayanya dan perusahaan asuransi tidak membayar sepeser pun. hehehe males banget yak -__-" Berikut istilah2 produk asuransi  dan tambahan lainnya dalam menyewa mobil di Iceland:

  • TP: Theft Protection (perlindungan pencurian mobil) ini sih bebas biaya cuma ya repot aje kalo beneran mobilnya hilang. Tenang aja Iceland termasuk negara teraman didunia. Produk ini biasanya masuk ke harga rental.
  • GP: Gravel Protection -(Perlindungan upper body terhadap kecacatan yg ditimbulkan oleh kerikil) Karena banyak jalan di Iceland masih menggunakan gravel kalaupun tidak aspal jalanan utama nya itu banyak mengandung batuan2 kecil (berfungsi jika salju utrun). Produk ini optional dan ada Self Risk nya.
  • CDW: Collision Damage Waiver (Perlindungan terhadap kecacatan mobil yg diakibatkan oleh tabrakan). Produk ini wajib diambil atau otomatis masuk harga rental. Self Ris nya sendiri sangat besar nilainya.
  • SCDW: Super Collision Damage Waiver (Sama dengan CDW) fungsi dari SCDW ini adalah memperkecil nilai Self Risk kita bukan menghilangkan lho.. Ini optional. misal dari 30jt jadi 15jt saja, hih teteuup mahal!!
  • SAAP: Sand and Ash Protection (Perlindungan upper body/cat yg diakibatkan oleo badai pasir atau debu) Ini Optional dan nilai Self Risknya 15jtan. Kalau gak ngambil produk ini dan cat mobil kita rusak akibat badai pasir tadi kita bisa2 bayar puluhan juta untuk memperbaikinya. Oia perlu diketahui juga bahwa di Iceland ini anginnya kencang sekali dan badai pasir bisa terjadi kapan saja, namun bisa dihindari kok tenang aja. Oia sangking kencengnya angin disana sampai2 setiap kita buka pintu jangan sampai kita lepas begitu aja karena pintu bisa terlepas begitu saja oleh tiupan angin yg sangat kencang, sering kejadian seperti itu.
  • Extra Driver: Disarankan untuk menyetir bergantian apabila lebih dari 2 jam perjalanan. Ini Optional
  • Fuel Can: Extra gallon buat diisi fuel kalau ingin berkendara ke daerah interior nya Iceland yang mana jarang pom bensin. Kalau di daerah exterior ataupun highway agak banyak pom bensin sih. Intinya kalau nemu pom bensin langsung isi aja, jangaan nunggu sampai dibawah setengah kapasitas bensin.
  • Winter Tyre: Ban khusus winter yang biasanya sudah termasuk jika menyewa pada saat winter.
  • GPS: Extra ini wajib diambil kecuali bagi yang sudah gape baca peta Iceland. GPS ini bisa berupa built ini ataupun add on. Kebetulan waktu itu saya dapatnya built in yg mana punya kelemahan terhadap keakuratannya.

Adapun metode lain mengakali asuransi di Iceland ini adalah dengan menyewa mobil dari broker seperti carrentals.co.uk - rentalcars.com - dll Biasanya mereka akan menawarkan produk asuransi semcam All Risk dengan model Reimbursement. Banyak pengalaman orang ambil disini dan baik reviewnya tapi ya semua pertimbangan itu balik lagi ke kalian masing2 ya.. Selamat menyewa mobil di Iceland! It's so much fun!!!