ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

SIM Internasional

Buat traveler yang suka berpergian ke luar negri dengan tujuan road trip gak ada salahnya untuk membuat SIM Internasional. Sebenernya perlu gak perlu sih, soalnya dengan SIM lokal yang kita miliki sekarang sebenernya masih bisa dipergunakan untuk menyewa mobil khusus nya di Eropa kurang lebih 3 bulan, lebih daripada itu harus punya SIM Internasional. Niat saya buat SIM internasional ini sebenernya buat jaga2 aja dan juga males untuk translate SIM lokal jika ingin menyewa mobil di luar negri, yang mana biasanya wajib untuk di translate. Dengan memiliki SIM Internasional ini sudah tidak perlu diterjemahkan lagi karena di dalamnya terdapat versi bahasa asing seperti: Inggris, Prancis, Arab, Spanyol, Mandarin, Italia, Rusia dan Jerman. Pembuatan SIM ini pun sangatlah mudah, gak ada yang namanya tes-tes an. Cukup datang ke alamat berikut: Gedung Korlantas Polri. Jl. Letjen Haryono MT Kav 37-38, Jakarta 12770 (Arah yg dari Cawang ke Semanggi). Dengan membawa dokumen sebagai berikut:

1. KTP asli & Foto copy (yg masih berlaku)

2. Paspor asli & Foto copy (yg masih berlaku)

3. SIM yg masih berlaku

4. KITAP asli & Foto copy (untuk Warga Negara Asing)

5. Materai Rp. 6.000 (1 lembar)

6. Pas Foto 4x6 3 lembar terbaru (untuk Pria berdasi & Wanita menggunakan Blazer. Latar belakang foto biru) mirip mau ngelamar kerja ya hehe..

No. telf lebih lanjut: 021-7989702 atau 021-500669

Biaya untuk pembuatan SIM tersebut cukup Rp. 250.000 tidak kurang tidak lebih (perpanjangan Rp. 225.000) dan pembuatannya tidak bisa diwakilkan (ayo dukung Indonesia bersih!). Masalahnya untuk sementara pembuatan SIM internasional ini baru bisa di Jakarta saja, bagi kawan2 yg berada di luar kota ya harap maklum. Kita berdoa saja pembuatan SIM ini bisa dibuat secara online ataupun punya perwakilan di kota masing2, amin. Oia, masa berlaku untuk SIM Internasional ini saya dapat untuk 3 tahun meskupun SIM lokal saya habis masa waktunya tinggal 5 bulan lagi dan disini tidak bisa untuk memperpanjang SIM lokal. Bentuk dari SIM Internasional ini mirip dengan buku passport jadi jangan membayangkan bentuknya sama dengan kartu SIM lokal yg kita miliki. Kelas nya pun berbeda, untuk di luar negri kelas B berarti untuk membawa mobil sedangkan kelas A untuk membawa motor.

Penampakan depan SIM Internasional yang mirip Passport
Penampakan depan SIM Internasional yang mirip Passport

Langkah-langkah pembuatan SIM Internasional:

1. Datang ke Gedung Korlantas bagian SIM Internasional yang letaknya di belakang sebelahan dengan Masjid. Satu lingkungan parkir dengan NTMC Polda Metro Jaya. harap2 ketemu dengan Briptu cantik disitu?

2. Ambil nomor antrian di mesin elektronik dekat pintu masuk gedungnya.

3. Nanti nomor antrian akan dipanggil oleh mba2 kece berseragam Polisi :)

4. Demi mempercepat proses, serahkan copy dokumen2 tadi yang sudah digunting sesuai ukuran dokumen aslinya ya dan kita akan disuruh untuk mengisi form aplikasi.

5. Setelah penyerahan dokumen dan pengisian selesai. kita disuruh kembali menunggu untuk dipanggil foto dan scan jempol.

6. Kita akan dipanggil untuk foto dan scan jempol untuk data mereka. Setelah selesai foto dan scan dalam hitungan detik SIM Internasional kita sudah jadi dan diambil di meja tempat foto kita itu.

Secara keseluruhan proses pembuatan SIM Internasional ini sangat mudah (asal dokumen lengkap, kalo belum di copy silahkan datangi koperasi di halaman parkir, beli materai disitu dan tanya ke kasirnya tukang ojek yg bisa nganterin ke tempat copy an karena lumayan jauh kalo jalan kaki) dan cepat, tidak lebih dari 15 menit dari pemanggilan ke pengambilan SIM nya. Bangga banget dech punya lembaga yang efisien dan gak neko2 ini.

uncategorizedETAPORAMAtips