ETAPORAMA
DSC_0398.jpg

STORIES

stories about traveling, music, lifestyle by etaporama

The Melting Pot Jakarta The Real Cheese Fondue

DSC_0015.jpg

Apa sih yang bikin kamu kangen Swiss selain pegunungan Alpine dengan segala keindahan negerinya? Sudah pasti kangen juga dengan Cheese Fondue nya yang khas itu. Memang masih menjadi perdebatan mengenai asal muasal dari cheese fondue ini, ada yang menyebut dari Prancis ataupun Swiss. Untuk membuatnya adil saya berkesimpulan kalau makanan ini berasal dari Negara Swiss yang berbahasa Prancis dengan kata lain Swiss bagian selatan, toh tetanggaan juga. Cheese fondue memiliki arti keju yang meleleh cocok dihidangkan sebagai makanan tengah untuk kongkow bersama teman atau keluarga. Keju lumer dalam mulut berjalan hangat hingga ke dalam perut cocok disajikan pada saat musim dingin ditemani segelas white wine. Konon apabila makan cheese fondue hindari minuman yang dapat membuat keju menggumpal seperti minum jus, beer bahkan air putih, gak masuk akal sih tapi daripada beresiko mending minum teh hangat, white wine atau kirsch yang lebih disarankan.

Cheese Fondue restaurant in Luzern, Switzerland.

Cheese Fondue restaurant in Luzern, Switzerland.

Garlic Cheese Fondue

Garlic Cheese Fondue

Kerinduan saya akan cheese fondue ini akhirnya terbayar oleh hadirnya sebuah restoran yang menyajikan cheese fondue original di tengah pusat perbelanjaan Jakarta. Tak perlu lagi melamun tentang lezatnya cheese fondue, sekarang tinggal datang ke The Melting Pot  Fondue Restaurant di Plaza Senayan dan voila hangatnya lelehan keju gurih sudah siap tersaji. Tak hanya kelezatan cheese fondue yang akan didapat disini, pengalaman meracik serta filosofinya membuat restoran ini patut dikunjungi.

Penasaran akan apa yang ditawarkan dari restoran ini saya mencicipi hidangan mulai dari pembuka hingga penutup. Uniknya cheese fondue disini diposisikan sebagai starter atau pembuka daripada sebagai hidangan utama (saya pun baru tahu kalau sebelum salad ada makanan pembuka sebelumnya seperti keju, yoghurt dll dalam hal table manner). Urutan makanannya adalah sebagai berikut:

  • Cheese Fondue: berbagai jenis menu disajikan sesuai dengan selera pelanggan. Bagi yang suka dengan rasa keju gurih yang kuat bisa mencoba menu Cheddar (Cheddar + Emmenthal), Rp.108K pp. Bagi yang ingin mencoba keaslian cita rasa cheese Fondue sebenarnya bisa mencoba Classic Alpine Swiss ( Gruyere, Raclette dan keju Fontina), Rp. 128K pp.
 
  • Salad: Restoran ini memiliki dressing house blend untuk saladnya yaitu untuk The Melting Pot House Salad, Rp. 68K yang menurut saya agak creamy dan manis. Karena lebih suka sensasi asam di dalam salad saya lebih menyukai California Salad dengan saus Raspberry Vinaigrette nya ditambah keju Gorgozola yang beraroma kuat, Rp. 64K.
 
  • Entrée: Sebagai menu utama disini disajikan hidangan mulai dari seafood, ayam hingga daging merah. Setelah memilih jenis makanannya kita dipersilahkan untuk memilih metode memasaknya: Mojo (direbus dengan kuah sayuran beraroma bawang putih dan jeruk yang kuat) Rp. 68K, Coq Au Vin (direbus dalam anggur merah dengan aroma rempah , herbal dan jamur) Rp. 98K dan Bourguignonne (digoreng dalam mangkuk penuh minyak Canola dan dibungkus oleh adonan khasnya) Rp. 88K. Saya pun memilih bourguignone yang notabene paling heboh metode masaknya.
 
  • Dessert: sebagai penutup saya sempurnakan dengan Chocolate Fondue. Ada 2 jenis penyajian chocolate Fondue disini: Yin & Yang (paduan white dengan milk/dark chocolate dibuat secara manual dengan tangan terampil chefnya) dan Caramel Nut Flambéed (meskipun sangat manis atraksi kobaran api diatas lelehan coklat membuat saya memilih ini).
 

Buat yang ingin mencoba semua menu diatas dapat memilih set menu mulai dari harga Rp.468K++ sampai Rp. 598K++. Boleh bangga karena The Melting Pot yang berasal dari negri Paman Sam memilih Jakarta sebagai cabang pioneernya di Asia. Keramahan dan informatifnya pramusaji ditambah suasana restoran yang nyaman tidak hanya dapat melepas lapar tapi juga penuh dengan pengalaman . Keaslian cita rasa keju asli dari negara asal nya membuat menu masakannya jadi tidak asal asalan.

The Melting Pot Fondue Restaurant Jakarta

Jl. Asia Afrika No.8 Level P5 Unit CP516

Jakarta 10270

Phone/Fax: 021 5790 6057 / 57906056

Operational Hours: 11.30 - 23.00 (Sun - Thu) & 11.30 - 00.00 (Fri - Sat/Public Holiday/Eve)